Blog Yang Menyajikan Seputar Berita Unik, Trend Hingga Yang Kekinian Sekaligus Ada Di SabundhiL

Breaking News
recent

3 Kebiasaan Baik Bersama Anak Sebelum Tidur


3 Kebiasaan Baik Bersama Anak Sebelum Tidur

Pernah kalian para orang tua memberikan suatu kebiasaan yang baik untuk anak sebelum tidur. Anak-anak adalah produk kebiasaan. Anak-anak bisa melakukan suatu hal jika mereka di latih sejak dini. Misalnya, mereka akan bisa menggosok gigi sendiri kalau dibiasakan, bisa tidur sendiri jika kalau dibiasakan, bahkan berdo’a sebelum melakukan aktifitas pun akan sering anak anak lakukan jika dibiasakan. Semua akan menjadi baik jika para orang tua mau mendidik dan mengajari anaknya sejak dini.                                                 
Bahkan mengajari anak melakukan aktifitas sebelum tidur pun punya manfaat tersendiri. Tadi sedikit dari orang tua di indonesia mengbaikan kebisaan baik ini.
Nah,dari pada bingung apa kebiasaan baik untuk anak sebelum tidur kuy kita bahas 3 kebiasaan baik bersama anak sebelum tidur yang wajib di coba.


#1 ‘Bedtime stories’
3 Kebiasaan Baik Bersama Anak Sebelum Tidur

Kalau di indonesia sendiri sih “Bedtime Stories” gak banyak orang tua yang lakuin hal ini ke anaknya bahkan ayas sendiripun gak pernah tuh di ceritain apa apa sama orang tua. Yang ada cuman “ndil sabundhil bubuk sana dah malem” -_-. Padahal dongeng sebelum tidur, selain menciptakan kebiasaan baik, juga memiliki banyak keuntungan lain, seperti melatih anak berimajinasi, menciptakan bonding yang kuat antara orangtua dan anak, memancing anak agar suka membaca, dan bahkan memancing ia untuk menulis!
Salah satu cara terbaik membangun dasar pendidikan bagi anak anda yaitu dengan membuat mereka terbiasa dibacakan cerita sejak usia dini. Bahkan untuk bayi pun bedtime story sudah bisa dilakukan, lho. Jangan remehkan kemampuan anak. Tapi pilih buku yang sesuai dengan usia atau minat anak. Kuy, Ajari anak mendegar dongeng sebelum tidur
#2 ‘Bedtime yoga’
3 Kebiasaan Baik Bersama Anak Sebelum Tidur

Di dongenin aja enggak, apalagi yoga -_-?

What next? Goyang Bang Jali? wkwkwk

Eiits,Jangan salah faham dulu melakukan yoga sebelum tidur memiliki banyak manfaat. Menurut National Sleep Foundation, 90 persen dari penduduk Amerika pernah mengalami kesulitan tidur atau insomnia – yaitu memerlukan waktu lebih dari 30 menit untuk bisa tidur atau mengalami 30 menit interupsi sewaktu tidur. Insomnia? Yoga? Apa hubungannya?

Yoga bisa dijadikan treatment  penyembuhan yang efektif karena dapat mempengaruhi 2 aspek, yaitu di sisi fisik dan psikologi, menurut Bir Khalsa, PhD, dan Kundalini instructor dari Harvard Medical Research di Boston. Oleh karena itulah mengapa yoga perlu dilakukan sebelum tidur terutama bagi anak pendertia insomnia atau gejala susah tidur. 

Yoga dapat menenangkan sistem saraf simpatik, yang dapat mempengaruhi tubuh untuk menjadi lebih rilek lebih tenang. Bahkan yoga pun juga mampu merendahkan tingkat hormone stress, temperatur tubuh, detak jantung dan tekanan darah. Karena kebanyakan susah tidur karena strees berlebihan karena padatnya aktifitas.

Sekolah, playdate, belum lagi les ini-itu yang membuat waktu istirahat dan leyeh-leyeh anak berkurang. Dengan fokus pada pengaturan nafas dan postur, yoga bisa membantu anak untuk lebih rileks sehingga lebih cepat tertidur, dan lebih lelap. Bahkan Kebiasaan ini bisa juga di lakukan orang dewasa di sela sela kesibukannya jadwal kerja dan pekerjaan rumah yang menumpuk yang membuat pusing kepala dan stress berlebihan. Yoga lah solusi nya

#3 ‘Pillow talk’
3 Kebiasaan Baik Bersama Anak Sebelum Tidur

Di ajak ngobrol? Di omelin emak iya -_- sering malah
Ini nih aktifitas yang membutuhkan interaksi para orang tua ke anak. Bagi anak yang sudah terbiasa diajak ngobrol sih mereka bakal sering terbuka ke kita. Bahkan kegiatan ini bisa jadi kegiatan ajang curhat antara anak cewe dan mamanya. Bisa jadi kebiasaan yang menyenang kan setiap malam. Bakan anak pun akan jadi terbuka tentang apapun
Tapi para orang tua harus mengerti keadaan anak. Jika anak dalam keadaan sedih kita harus berhati hati dalam berbicara. Jangan sampai kita salah bicara sehingga tambah ngambek deh. Solusinya 1 pancing dia agar bercerita “what make you cry boy/girl?” ingat di pancing bukan di tanya -_-
Bahan obrolan gak harus curhat curhatan. Bisa kita seling dengan berkhayal rumah impian, merencanakan liburan, dan sebagainya. Obrolan mengenai impian bukan berarti omong kosong, lho. Justru dari sana kita bisa menilai, apa sih yang dinginkan oleh anak sebenarnya? Nah itu contoh memancing anak untuk mengatakan “what do yo like?” atau “what do you hate?”

Dari semua aktifitas ini mempunyai keunikan dan manfaat nya masing masing. Kebisaan ini juga mampu meingkatkan kemampuan kemampuan anak. Bahkan kesempatan bagi orang tua agar lebih dekat dengan anak, mengetahui apa masalah mereka apa minta mereka. Itulah tips tips dari ayas yang sinam ini hehe. Jangan lupa untuk share ke para orang tua untuk melakukan kebiasaan kebiasaan baik seblum tidur.


Sabundhil

Sabundhil

No comments:

Post a Comment

SabundhiL
Powered by Blogger.