Blog Yang Menyajikan Seputar Berita Unik, Trend Hingga Yang Kekinian Sekaligus Ada Di SabundhiL

Breaking News
recent

30 Mei 2016, Mars dan Bumi Bakal Berdekatan

30 Mei 2016, Mars dan Bumi Bakal Berdekatan


Bersiaplah! Pada tanggal 30 Mei 2016, peristiwa astronomi menarik akan terjadi, Mars dan Bumi akan berdekatan!

Pada akhir Mei 2016 ini, Bumi akan mulai "menyalip" Mars dalam revolusinya terhadap Matahari. Bumi akan berada tepat di antara Matahari dan Mars dalam bidang Tata Surya. Dan dengan demikian, dua planet ini akan berada di titik terdekat mereka satu sama lain dalam orbitnya.

Namun, jangan khawatir. Planet biru dan merah itu takkan senggol-senggolan, apalagi saling menabrak. Jangan membayangkan ada bencana karena peristiwa itu.

Peristiwa ini dalam astronomi dikenal sebagai oposisi, ketika Mars, Bumi, dan Matahari berada dalam satu garis lurus. Di jarak terjauhnya dari Bumi, Mars bisa mencapai jarak 401 juta kilometer, dan pada tanggal 30 Mei 2016, Mars hanya akan berjarak sekitar 75.300.000 kilometer.

Meskipun ini cukup dekat, faktanya Mars bisa lebih dekat, seperti yang terjadi pada tahun 2003. Tepatnya pada bulan Agustus 2003, Mars berjarak hanya 55.760.000 kilometer dari Bumi, sebuah jarak terdekat antara kedua planet ini dalam 60.000 tahun. Mars tidak akan sedekat itu lagi sampai tahun 2287.

Bagi awam, kedekatan Bumi dan Mars menguntungkan pengamatan. Tanggal 30 Mei 2016 akan menjadi waktu terbaik untuk mengamati Mars. Planet yang diduga pernah punya kehidupan itu akan lebih besar dari biasanya.

Mars bisa diamati dengan mata telanjang.

Saat Matahari tenggelam, Mars akan terbit. Mars akan "menyinari" Bumi dengan warna merahnya sepanjang malam sampai Matahari terbit keesokan harinya.

Tak perlu alat untuk mengamati. Cukup mendongak ke atas, mencari obyek berwarna merah yang khas. Itulah Mars.

Kedekatan Bumi dan Mars tak cuma bermanfaat untuk pengamatan. Badan antariksa dunia pun memanfaatkan untuk peluncuran wahana antariksa. Saat jarak Bumi dan Mars lebih dekat, wahana bisa sampai lebih cepat. Hemat waktu dan biaya.

Pada bulan Maret tahun ini, Eropa dan Rusia meluncurkan bagian pertama dari misi ExoMars ambisius mereka. Pada tahun 2018 mendatang, perusahaan luar angkasa SpaceX juga berencana untuk meluncurkan pesawat luar angkasa pertama mereka ke Mars, yang hampir bertepatan ketika Mars di titik oposisi.

Inilah salah satu keajaiban yang bisa dinikmati bulan ini. Selain Mars, jangan lupa untuk mencari planet gas raksasa terbesar di tata surya, Jupiter, yang juga akan tampak setiap malam sepanjang bulan ini.


Sabundhil

Sabundhil

No comments:

Post a Comment

SabundhiL
Powered by Blogger.