Blog Yang Menyajikan Seputar Berita Unik, Trend Hingga Yang Kekinian Sekaligus Ada Di SabundhiL

Breaking News
recent

12 Pesawat yang hilang radar sepanjang sejarah

Belum hilang rasa penasaran soal misteri hilangnya Malaysia Airlines MH370, kini Sebuah pesawat milik maskapai penerbangan Egypt Air hilang dari radar saat dalam perjalanan dari Paris menuju Kairo, Kamis (19/5/2016).

Dalam sejarah, ternyata hilangnya pesawat dari pantauan radar secara misterius bukan baru kali ini saja terjadi. Ada sejumlah kejadian pesawat hilang secara misterius di seluruh dunia yang belum semua terpecahkan. Ada yang sudah ditemukan, tapi masih menyisakan misteri. Dan bahkan ada yang belum ditemukan hingga saat ini.

SabundhiL merangkumnya menjadi 12 pesawat yang hilang radar sebagai berikut :

1. Malaysia Airlines MH370
12 Pesawat yang hilang radar sepanjang sejarah


Pesawat ini hilang pada 8 Maret 2014 dan sampai saat ini masih menjadi misteri paling membingungkan dalam sejarah penerbangan modern. Membawa 239 orang dari Kuala Lumpur, Malaysia, dalam penerbangan menuju Beijing, China, pesawat ini lenyap tanpa jejak. Setelah pencarian selama empat bulan, pada 4 Oktober 2014 dimulailah babak baru pencarian dengan peralatan yang lebih canggih daripada sebelumnya, melibatkan sonar, video kamera, dan sensor bahan bakar pesawat.

Baca Juga :
ROSSI ALAMI KERUSAKAN PADA MOTOR SAAT BALAPAN DI GP ITALIA




Semua peralatan canggih ini diperkirakan masih butuh waktu satu tahun untuk menjelajahi kawasan terpencil yang berjarak sekitar 1.800 kilometer dari Australia, yang diduga menjadi "akhir perjalanan" MH370.

Para pejabat pemerintahan menduga ada serangan teroris atas pesawat ini, tetapi teori konspirasi merebak lebih kencang.


2. Adam Air 574
12 Pesawat yang hilang radar sepanjang sejarah

Sebuah Boeing 737 yang dioperasikan Adam Air hilang dari radar 1 Januari 2007. Adam Air jurusan Jakarta-Surabaya-Manado, yang hilang dalam penerbangan setelah transit di Surabaya. Pesawat lepas landas pada pukul 12.55 WIB dari Bandara Juanda (SUB), Surabaya, Indonesia pada tanggal 1 Januari 2007. 

Seharusnya pesawat tiba di Bandara Sam Ratulangi (MDC), Manado pukul 16.14 WITA. Pesawat kemudian dilaporkan putus kontak dengan Pengatur lalu-lintas udara (ATC) Bandara Hasanuddin Makasar setelah kontak terakhir pada 14:53 WITA. Pada saat putus kontak, posisi pesawat berada pada jarak 85 mil laut barat laut Kota Makassar pada ketinggian 35.000 kaki.

Pesawat ini membawa 96 orang penumpang. yang terdiri dari 85 dewasa, 7 anak-anak dan 4 bayi. Dipiloti oleh Kapten Refri Agustian Widodo dan co-pilot Yoga Susanto dan disertai pramugari Verawati Chatarina, Dina Oktarina, Nining Iriyani dan Ratih Sekar Sari. Pesawat tersebut juga membawa 3 warga Amerika Serikat.

Sebagian ekor pesawat dan bagian lainnya ditemukan beberapa hari kemudian. Kotak hitam penyimpan data baru ditemukan sembilan bulan setelahnya, sedangkan badan pesawat sampai sekarang masih berada di dasar laut. 102 penumpangnya meninggal dalam kecelakaan.


3. Merpati Airlines
12 Pesawat yang hilang radar sepanjang sejarah

Sebuah pesawat yang dioperasikan Merpati Nusantara Airlines menghilang tahun 1995, dan sampai sekarang tidak berhasil ditemukan. Pesawat tipe De Havilland Twin Otter 300 itu mengangkut 14 orang, dan sedang dalam perjalanan antar pulau di Indonesia.


4. Peru Faucett Airlines
12 Pesawat yang hilang radar sepanjang sejarah

Tahun 1990, Boeing 727 yang dioperasikan perusahaan Peru Faucett Airlines, jatuh di Atlantik Utara setelah kehabisan bahan bakar. Pesawat itu mengangkut 18 pekerja perusahaan bersama keluarga mereka. Reruntuhan pesawat tidak pernah ditemukan.


5. Air France 447

Penerbangan dari Rio de Janeiro ke Paris terpaksa berakhir di Samudra Atlantik di tahun 2009. Menewaskan 228 penumpang dan kru yang ada di pesawat. Butuh waktu bertahun-tahun untuk meneliti kasus ini.


6. Pesawat milik Amelia Earhart
12 Pesawat yang hilang radar sepanjang sejarah

Ini adalah salah satu legenda terbesar dalam dunia penerbangan. Pilot wanita Amelia Earhart hilang dalam penerbangannya dengan menggunakan pesawat mesin ganda Electra di Samudra Pacific pada tahun 1937. Tak ada sedikit pun jejak pesawatnya yang kelihatan. Jutaan dollar telah dikeluarkan untuk mencarinya namun tak kunjung ditemukan. Bahkan hingga saat ini.


7. Flying Tiger Line Flight 739

Pesawat militer milik AS ini meninggalkan wilayah Guam di tahun 1962 dan mengangkut 90 orang menuju Philipina. Tapi mereka tak pernah sampai. Ribuan orang telah dikerahkan untuk mencari namun sia-sia.

8. British South American Airways

Butuh lebih dari 50 tahun untuk menemukan jejak 11 penumpang yang ada di pesawat yang jatuh di pegunungan Andes pada tahun1947 ini. Pemanjat tebing asal Argentina menemukan reruntuhan pesawat yang berumur setengah abad ini. Tak ada lagi penampakan mayat. Pejabat terkait menduga mayat-mayat itu sudah terkubur jauh di bawah salju pegunungan Andes.


9. Argentina Air Force
12 Pesawat yang hilang radar sepanjang sejarah

Banyak yang hilang di wilayah ini sehingga orang menyebutnya “Kawasan Segitiga Setan”. Lihat saja dua pesawat British South American Airways yang hilang beruntun di tahun 1948 dan 1949. Ada lebih dari 51 orang yang hilang dalam kejadian itu. Di tahun 1945 juga, lima orang prajurit Amerika yang sedang berlatih dan melintas disana tak lagi ditemukan. Sebanyak 13 orang kru yang ada di pesawat juga dinyatakan hilang.



10. Uruguay Air Force 571
12 Pesawat yang hilang radar sepanjang sejarah


Penerbangan menuju Santiago, Chili ini membawa 45 orang penumpang dan jatuh di pegunungan Andes pada tahun 1972. Sebanyak 12 orang tewas. 

Tapi pemerintah kurang sigap dan hanya aktif melakukan pencarian setelah 72 hari. Anda tahu apa yang terjadi? Delapan orang kemudian tewas karena tak mampu bertahan serta 16 orang sisanya bertahan hidup dengan memakan mayat penumpang yang sudah membusuk.



11. Air ASia
12 Pesawat yang hilang radar sepanjang sejarah

Pesawat AirAsia berkode penerbangan QZ-8501 rute Surabaya-Singapura hilang kontak, Minggu (28/12/2014) pagi.

Terdapat 155 orang penumpang termasuk kru pesawat AirAsia penerbangan QZ 8501 yang hilang kontak. Para penumpang tersebut sebagian besar berasal dari Indonesia dimana terdiri terdiri dari 149 WNI dan 6 WNA termasuk satu orang penumpang asal Singapura.

Seperti yang dilansir Straitstimes orang-orang asing tersebut terdiri dari adalah salah satu warga negara Inggris, salah satu Malaysia dan tiga orang Korea. Salah satu diantara warga Korea masih bayi.

Pesawat AirAsia penerbangan QZ 8501 sedang melakukan perjalanan dari Surabaya ke Singapura pada hari Minggu pagi ini setelah sebelumnya dikabarkan hilang kontak dari menara kontrol lalu lintas udara Indonesia.

"AirAsia Indonesia menyesalkan mengkonfirmasi bahwa QZ8501 penerbangan dari Surabaya ke Singapura telah kehilangan kontak dari kontrol lalu lintas udara di 7:24 WIB pagi ini, '' kata pernyataan maskapai.



12. Egypt Air
12 Pesawat yang hilang radar sepanjang sejarah

Pesawat Egypt Air hilang dari radar saat dalam perjalanan dari Paris menuju Kairo, Kamis (19/5/2016).

Manajemen Egypt Air membenarkan, pesawat dengan nomor penerbangan MS804 yang membawa 59 penumpang dan 10 kru itu telah dipastikan "menghilang" dari layar radar.
"Informasi yang diterima Egypt Air menyebut penerbangan MS804, yang meninggalkan Paris pada pukul 23.09, menuju Kairo hilang dari pantauan radar," demikian tulis manajemen maskapai lewat akun Twitter-nya.

Pesawat yang diyakini adalah sebuah Airbus A320 itu lepas landas dari Bandara Internasional Charles de Gaulle pada Rabu (18/5/2016) malam waktu setempat dan dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional Kairo, Mesir, pada Kamis pagi.

Namun, nasib pesawat itu kini belum jelas setelah hilang dari pantauan radar saat menjelajah di ketinggian 37.000 kaki atau lebih dari 11.000 meter di atas permukaan laut.
Sabundhil

Sabundhil

No comments:

Post a Comment

SabundhiL
Powered by Blogger.